Jumat, 18 Januari 2013

Cara Bermain Catur

Hello penggemar permainan catur!

Dewasa ini permainan catur telah berkembang dan menyebar ke seluruh dunia. Federasi Catur Dunia yang lazim disingkat dengan FIDE ( Federation Internationale Des Echecs ) hingga kini telah mempunyai anggota lebih dari 157 negara!

Bekerja sama dengan UNESCO ( badan PBB yang menangani bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan ). FIDE pernah mengadakan penelitian di beberapa Negara mengenai pengaruh catur terhadap pendidikan. Kesimpulannya, catur baik sekali bagi pembinaan watak serta mental, bahkan membantu meningkat kecerdasan manusia, terutama usia muda.

Dibeberapa Negara, catur digiatkan dan diperkenalkan sejak dari sekolah dasar. Catur dikatagorikan sebagai olahraga mental untuk megimbangi olahraga fisik. Beberapa pakar mengakui bahwa catur meningkatkan daya kerativitas dan mempertajam daya nalar. hampir semua ahli sependapat bahwa catur mengandung nilai-nilai ilmu, seni dan olahraga.

Di Indonesia, catur juga semakin banyak penggemarnya. Bahkan beberapa pecatur cilik Indonesia sempat mengharumkan nama bangsa dan Negara di tingkat dunia. Di Puerto Rico 1989.Irwin Irnandi tampil sebagai Juara dunia Catur untuk usia 10 tahun dan memperoleh gelar MF ( Master Fide ), sedangkan Maria Lucia Ratna Sulistya muncul sebagai Runner-up Dunia untuk kelompok putri usia 14 tahun. Kini dia sudah bergelar MIW ( Master Internasional Wanita ) dan juga bergelar Sarjana Hukum. Sepuluh tahun sebelumnya, juga di Puerto Rico 1979, Utut Adianto yang sekarang sudah termasuk Grandmaster Super di Dunia dan juga seorang Sarjana, pernah pula menjadi Runner-up Dunia untuk usia 14 tahun. Dan sekarang bermunculan Grandmaster muda yang berbakat seperti GM.Susanto Megaranto, siapa yang ngak kenal dengan dia yang telah menjadi pecatur terkuat Indonesia di usianya yang masih muda dan juga GMW.Irene Kharisma Sukandar pecatur putri Indonesia yang bakatnya luar biasa hingga membawa dia menjadi Grandmaster Wanita termuda dan terkuat di Indonesia dan disegani di tingkat dunia..

Itu membuktikan bahwa Indonesia sesungguhnya tidak kekurangan bibit dan bakat dalam olahraga adu otak ini. Sayangnya, sebagian besar anak-anak lainnya yang mungkin dapat menyamai atau bahkan menyaingi prestasi tadi, masih merupakan “pemain alam” yang “buta teori”. Mereka belum memahami Peraturan Permainan Catur secara benar. Ibarat intan, mereka belum diasah dan belum dibentuk

Pelajaran dasar main catur ini sengaja dipostingkan untuk memperkenalkan olahraga catur bagi mereka para pemula sebagai landasan dasar yang kokoh dalam memahami permainan yang agung ini.

Dr. Siegbert Tarrasch seorang Grandmaster Catur yang namanya terkenal pada permulaan abad XX pernah mengatakan “Like love, like music, chess has the power to make man happy”.(Seperti cinta, seperti musik, catur berpotensi untuk membahagiakan manusia!),

Saya berharap semoga pelajaran dasar catur ini dapat menuntun peminatnya memperoleh kesenangan dan kebahagiaan dalam memainkan catur yang indah ini. Bahkan turut bangga juka di antara anda nanti ada yang muncul sebagai Juara Dunia…oke kita lanjut !!

1. PAPAN CATUR

Papan catur terdiri dari 64 petak ang sama besar. Petak-petak itu iberi warna terang dan warna gelap secara berselang-seling. Dalam istilah catur, warna terang selalu disebut Putih dan warna gelap disebut Hitam

Letak papan catur yang benar menurut peraturan ialah, jika petak sudut bewarna putih berada di sebelah kanan setiap pemain. Lihat diagram1.
Diagram 1
Pemain Hitam

Petak putih

Petak putih
Pemain Putih

Beginilah letak papan catur yang benar. Ingatlah selalu, petak putih di sebelah kanan!

Nama-nama petak

Untuk memudahkan sebutan, setiap petak diberi nama. Caranya mudah sekali. Lihat diagram 2 berikut!
Diagram 2
Pemain Hitam

Pemain Putih

Nama tiap petak tediri dari satu huruf dan satu angka. Dengan demikian petak sudut warna putih disebelah kanan pemain Putih adalah petak h1. Sedangkan yang berada disebelah kanan Hitam adalah petak a8.

Dalam buku, majalah atau koran, gambar diagram papan catur selalu memperlihatkan pemain Hitam di sebelah atas dan pemain Putih di sebelah bawah. Karena itu Putih jalannya naik keatas sedangkan Hitam turun kebawah.

Kalau petak-petak itu dilihat dari arah pemain Hitam, maka akan terlihat sebagai berikut : lihat diagram 3
Diagram 3
Pemain Putih

Pemain Hitam

Dalam dunia catur, gambar papan catur ini lazim disebut diagram. Selanjutnya kita akan menggunakan istilah “diagram” ini

Pembagian Papan Catur

Selain nama petak, papan catur juga mengenal istilah : lajur, baris, diagonal, sayap-raja, sayap-menteri, medan-tengah atau pusat
a) Lajur

Yang disebut lajur adalah delapan deretan petak yang membujur ( vertikal ) dari satu pemain ke pemain lainnya. Dari diagram 4 terlihat bahwa papan catur mempunyai delapan lajur, dari a sampai h. Lajur-a terdiri dari delapan petak, a1-a2-a3-a4-a5-a6-a7-a8. Lajur-b juga terdiri dari delapan petak, b1-b2-b3-b4-b5-b6-b7-b8. Demikian pula lajur-c sampai lajur-h. Lihat diagram 4.
Diagram 4
Pemain Hitam

Pemain Putih

b) Baris

Yang disebut baris adalah delapan deretan petak yang melintang ( horizontal ) dari samping kiri ke kanan para pemain. Jumlah baris juga delapan seperti terlihat pada diagram 5. Baris kesatu terdiri dari a1-b1-c1-d1-e1-f1-g1-h1. Baris kedua ialah a2-b2-c2-d2-e2-f2-g2-h2. Demikian pula dengan baris ketiga, keempat hingga ke-8. Lihat diagram 5.
Diagram 5
Pemain Hitam

Pemain Putih

c) Diagonal

Yang disebut diagonal adalah deretan petak yang sewarna dan miring letaknya. Jumlahnya cukup banyak ada diagonal yang miring kekiri dan miring kekanan . ada pula diagonal warna hitam dan diagonal warna putih.

Sebuah diagonal sekurang-kurangnya terdiri atas dua petak. Diagonal yang terpanjang terdiri atas delapan petak. Penamaan diagonal didasarkan pada nama petak pangkal dan petak ujungnya. Petak pangkal. Petak pangkal adalah petak pada baris terendah ( dilihat dari pemain Putih ) dan petrak ujung adalah petak pada baris tertinggi ( juga dilihat dari pemain putih ). Perhatikanlah diagram 6 dan 7.
Diagram 6


Diagram 7



Diagonal a3-f8. terdiri atas petak a3-b4-c5-d6-e7-f8 salah satu diagonal terpendek adalah b1-a2 yang terdiri dari petak b1-a2. sedangkan salah satu diagonal terpanjang adalah a1-h8 yang terdiri dari petak a1-b2-c3-d4-e5-f6-g7-h8.

Cobalah hitung berapa banyak seluruh diagonal yang terdapat pada papan catur!

d) Sayap-merteri dan sayap-raja

Kalau umpamanya papan catur kita bagi dua dari atas kebawah, maka belahan disebelah kiri pemain Putih disebut sayap-menteri dan belahan dikanannya disebut sayap-raja. Disebut demikian karena kedudukan awal Menteri memang berada dibelahan itu. Demikian pula sayap-raja.

Kalau dilihat dari arah pemain Hitam, maka sayap-menteri terletak disebelah kanan sedangkan sayap-raja disebelah kirinya. Lihat diagram 8
Diagram 8
Pemain Hitam

Pemain Putih

e) Medan-tengah atau Pusat

Dari diagram 9 terlihat empat petak yang dibatasi garis tebal itu tepat berada ditengah papan catur. Keempat petak inilah yang dimaksud dengan medan-tengah atau pusat.
Diagram 9
Pemain Hitam

Pemain Putih

Arti dan kegunaan medan-tengah akan dibahas lebih lanjut pada posting yang akan datang ( tahap pembukaan )

2. BUAH CATUR

Buah catur dapat diumpamakan sebagai pasukan tentara. Pasukan itu memiliki berbagai jenis senjata dan perlengkapan.

Pada permulaan permainan, masing-masing pihak mempunyai : satu Raja, satu Menteri, dua Benteng, dua Gajah, dua Kuda dan delapan Bidak. Lihat diagram 10.
Diagram 10


Kedudukan awal buah catur diatas papan terlihat pada diagram 10.

Yang harus diperhatikan pada kedudukan awal ini ialah Menteri putih dan Menteri hitam. Menteri putih harus berada dipetak putih disamping kiri Raja putih. Menteri hitam menempati petak hitam sehingga berhadap-hadapan dengan Menteri putih. Dengan demikian, Raja putih juga berhadap-hadapan dengan Raja hitam.

Kalau kedudukan awal Menteri tertukar dengan Raja dan diketahui sebelum pertandingan selesai, maka permainan dianggap tidak sah dan harus diadakan pertandingan ulang.

Perhatikan sekali lagi kedudukan awal Menteri dan Raja melalui diagram 11
Diagram 11



Sekarang lebih jelas bagi kita, sayap mana disebut sayap-menteri dan mana yang sayap-raja. Selanjutnya merilah berkenalan dengan cara melangkahkan atau menjalankan buah catur. Juga cara memukul atau memakan buah lawan.
Menteri

Menteri merupakan buah yang terkuat. Dia boleh melangkah kekiri, kekanan, kedepan, kebelakang dan juga miring sepanjang diagonal. Apabila tidak ada penghalangnya, maka dari petak d4 ( seperti tampak pada diagram 12 ) dia dapat menjangkau 27 petak lain. Ini berti Menteri mempunyai 27 pilihan untuk pindah kepetak lain. Lihat diagram 12.
Diagram 12



Cobalah hitung jumlah bulatan biru yang menunjukkan petak yang dapat dicapai oleh Menteri itu! Bila ada buah catur lain yang menghalangi jalannya, maka dia tidak boleh melewati atau melompati buah lain itu. Kalau buah lain itu kepunyaan lawan, dia boleh memukul atau memakan buah lawan itu dan sekaligus menduduki petak tempat buah lawan tadi. Sebagai contoh perhatikan diagram 13.
Diagram 13



Sekarang Menteri di d4 itu tidak leluasa lagi pergi kemana-mana. Lurus kedepan dia terhalang oleh Gajah lawan di d7. dengan demikian dia tidak boleh melompat ke d8. paling jauh dia boleh memukul Gajah itu dan menggantikan tempatnya di d7.

Miring kekiri dia terhalang oleh Kuda hitam di b6. karena itu paling jauh dia hanya boleh sampai di b6 sambil memakan Kuda.

Mundur kebelakang ada bidak sendiri di d2. Jadi Menteri itu hanya boleh mundur setapak saja ke d3. Demikian pula jika dia mau mundur miring kekiri hanya boleh sampai di c3 karena ada Gajah sendiri di b2.

Mundur miring kekanan tidak boleh sama sekali sebab dihalangi oleh Kuda putih di e3. Begitulah cara Menteri melangkah dan memukul.
Benteng

Benteng merupakan buah catur terkuat kedua sesudah Menteri. Dia boleh melangkah maju atau meundur sepanjang lajur atau berjalan kekiri dan kekanan sepanjang baris. Perhatikan diagram 14.
Diagram 14



Perbedaanya dengan Menteri ialah dia tidak boleh berjalan miring sepanjang diagonal. Cara memukul atau memakan buah lawan sama dengan Menteri. Tetapi terbatas sepanjang lajur dan baris yang dikuasainya. Ada empat belas petak yang dapat dicapai benteng dalam keadaan leluasa.
Gajah

Gajah lebih lemah dari benteng. Dia hanya boleh berjalan miring menyusuri diagonal. Karena itu gajah yang berada dipetak putih, tidak mungkin beralih kepetak hitam. Sebaliknya Gajah petak hjitam tidak bisa melangkah kepetak putih. Perhatikanlah diagram 15.
Diagram 15



Diagram 15 memperlihatkan Gajah hitam berada di petak e5 dan Gajah putih di petak e4. Gajah hitam menguasai diagonal a1-h8 dan h2-b8. Gajah putih menguasai diagonal b1-h7 dan h1-a8. Kedua Gajah ini tidak meungkin saling bertabrakan dan karea itu mereka juga tidak mungkin saling memukul.

Tiap Gajah dapat mencapai 13 petak. Cara memukul buah lawan juga sama dengan Menteri, tetapi terbatas sepanjang diagonal saja,

Oke..sekian dulu ya..nanti disambung lagi pada posting pelajaran dasar catur yang akan datang...bye!

1 komentar: