Sabtu, 19 Januari 2013

Perawatan Kulit

Selain perlunya perawatan kulit dari dalam dengan makanan, juga perlu perawatan kulit dari luar, yaitu dengan menggunakan bahan ramuan alamiah yang tidak menimbulkan efek samping pada kulit. Bahan untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan segar ternyata tersedia disekitar kita. Dengan menggunakan berbagai macam tumbuhan dan bahan-bahan makanan yang tersedia di dapur, dapat dibuat scrubbing, pembersih tonik, pelembab, penggosok dan masker untuk merawat wajah serta kulit anda.
Perawatan untuk menjaga kesehatan, kesegaran, dan kelembutan kulit secara alamiah dari bahan kandungan alamiah sebenarnya mudah dikenali, antara lain misalnya dari bahan mentah yang bahkan dapat dimakan, misalnya seperti pepaya, tomat, mangga, nanas, jeruk, mentimun, alpukat, lidah buaya, dan sebagainya. Buah lemon, misalnya ternyata dapat memutihkan kulit dan strawberry juga dapat menyegarkan dan mengecilkan pori-pori. Anda dapat menggunakan berbagai variasi bahan yang terdapat di dapur anda untuk membuat produk perawatn kulit. Anda dapat mencampurkan sari buah dengan minyak sayur, minyak zaitun, gel lidah buaya, kuning telur, dan jus lemon yang digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan.
Tanaman berkhasiat obat yang berhubungan dengan masalah kecantikan tidak hanya berfungsi sebagai pengobatan masalah-masalah kecantikan, seperti yang telah diuraikan diatas. Beberapa tanaman juga digunakan untuk perawatan kulit wajah agar tidak menimbulkan masalah-masalah pada kulit wajah, sehingga berfungsi sebagai pencegahan.
Sebelum melakukan perawatan kulit ada baiknya kita memperhatikan hal hal dibawah ini sebagai salah satu langkah penting cara untuk memutihkan kulit :
  • Bahan-bahan alamiah yang akan digunakan untuk perawatan kulit sebaiknya dipilih yang betul-betul segar dan baru serta tidak terkontaminasi bahan kimia secara berlebihan.
  • Untuk membuat ramuan perawatan kulit, sebaiknya gunakan tumbuhan yang ditanam secara organik, sehingga tidak tercemar ppestisida, herbisida, pupuk buatan atau tercemar bahan kimia lainnya. Jika sulit mendapatkan tumbuhan yang oganik. cucilah bahan-bahan tersebut dengan cara sebagai berikut : untuk menghilangkan kotoran, gunakan sabun khusus untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan, lalu dicuci dibawah air yang mengalir. Kemudian untuk menghilangkan kontaminan bahan kimia, bilas lagi dengan air garam lalu bilas kembali dengan air matang.
  • Minyak zaitun atau minyak almond dapat digunakan untuk perawatan kulit bagi anda yang tidak alergi pada kacang-kacangan. Bagi anda yang alergi pada kacang-kacangan, sebaiknya menggunakan minyak alpukat, karena minyak alpukat bermanfaat untuk semua jenis kulit.
  • Sebaiknya air yang digunakan untuk mencampur semua bahan untuk perawatan kulit adalah air mineral untuk menambah khasiatnya.
  • Sayuran, buah-buahan atau tanaman yang akan digunakan untuk perawatan sebaiknya dipilih yang masih segar dan tidak layu agar tidak mengurangi khasiatnya.
  • Jenis bahan-bahan yang berbeda untuk membuat sendiri scrub dan masker dapat memberikan pengaruh yang baik bagi tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar